Yuk Kenali Ciri-ciri Biji Kopi Premium Kualitas Tinggi

Yuk Kenali Ciri-ciri Biji Kopi Premium Kualitas Tinggi

Rutinitas minum kopi sudah menjadi sesuatu yang lumrah dan sangat di sukai oleh banyak orang khususnya warga negara Indonesia. Aroma, teksturnya dan berbagai macam rasa yang menjadi ciri khas kopi menjadi sesuatu yang spesial sehingga mampu menarik orang-orang untuk minum kopi setiap hari.

Meski terkadang orang lebih cenderung memilih untuk mengkonsumsi kopi yang sudah tinggal tuang air panas dan tambahan sedikit gula. Tapi ada juga orang orang yang memilih untuk menantang dirinya sendiri dengan cara meracik kopi sendiri.

Yang di maksud dengan meracik kopi sendiri yaitu di mulai dengan memilih biji kopi dengan membelinya langsung ketempat penjual biji kopi tentunya dengan tujuan agar rasa yang di dapatkan merupakan yang otentik.

Teruntuk kamu yang sedang menentukan pilihan hidup untuk meracik kopi sendiri tapi masih bingung tentang cara agar bisa memilih biji kopi premium yang berkualitas, simak ulasan dibawah ini ya!

  1. Aroma yang di keluarkan kopi terasa manis

Biji kopi yang berkualitas adalah biji kopi yang tentunya memiliki aroma manis seperti aroma gula, hal ini di benarkan oleh Dr. C.offee Ali selaku praktisi kopi.

Memilih biji kopi baik itu yang arabica dan robusta tetap sama yaitu berdasarkan aroma yang di keluarkan. Jangan memilih biji kopi yang tidak beraroma atau bahkan yang berbau apek karena rasa yang di hasilkan cenderung tidak nyaman di lindah dan tenggorokan.

  1. Fisik biji kopi berbentuk sempurna

Biji kopi premium pada umumnya bentuk fisiknya sempurna tanpa adanya celah kecil, lubang ataupun lembut.

  1. Warna biji kopi

Bagi yang memutuskan untuk membeli biji kopi yang sudah di sangrai pastikan memiliki warna yang seragam, antara satu dengan yang lain tidak memiliki perbedaan yang mencolok. Secara umum biji kopi yang sudah di sangrai tapi kualitasnya tidak bagus, terdapat perbedaan warna di antaranya ada yang berwarna coklat tua ada juga yang coklat muda.

  1. Waktu sangrai

Belilah biji kopi yang masih fresh. Artian dari kata fresh bukan dari masa biji kopi di panen dari pohon ya! Tapi lebih waktu biji kopi di sangrai. Jadi pilih biji kopi yang belum lama di sangrai, karena rasa dan aromanya lebih keluar.

  1. Cara menyimpannya

Membeli biji kopi di toko tentunya juga harus melihat bagaimana merek menyimpan biji kopi tersebut. Karena cahaya, kadar oksigen hingga kelembaban pada kopi yang di simpan akan sangat berpengaruh pada aroma serta rasa kopi.

Secara pribadi saya lebih suka memilih biji kopi yang di simpan pada toples kaca berukuran besar di tempat yang tidak terlalu lembab ataupun panas.

Bagaimana sekarang sudah tau ciri-ciri biji kopi berkualitas premium? Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk praktek dan terus praktek.

Others