Upaya pelestarian lingkungan hidup di lingkungan sekitar

Upaya pelestarian lingkungan hidup di lingkungan sekitar

Masalah lingkungan hidup bukan lagi masalah yang di hadapi oleh satu negara saja tapi sudah menjadi masalah global. Membahasa masalah lingkungan hidup tentunya kita tidak bisa berpaling dari yang namanya upaya pelestarian lingkungan hidup. Alam sudah memberikan segalanya untuk kita selaku manusia tapi apa yang sudah manusia berikan kepada alam selain merusaknya ? Kita sudah terlalu sering menyakiti alam, memanfaatkannya tanpa ada lagi usaha untuk membangun ulang apa yang sudah kita manfaatkan. Contoh sederhana penebangan pohon untuk rumah, kertas dll Penanam ulang pohon di lakukan hanya formalitas untuk menghindari saksi tanpa adanya usaha yang berarti yang berakibat gundulnya hutan, penyerapan air yang buruk sehingga terjadinya longsor dan banjir di beberapa wilayah.

Menjaga likungan hidup itu sama saja menjaga alam, kita sebagai manusia tidak hanya memanfaatkan sumber daya alam yang berada di sekitar kita tapi juga memelihara, merawat sumber daya alam tersebut agar tidak rusak sehingga bisa di gunakan hingga ke anak cucu.

Menjaga lingkungan hidup sebebarnya itu sebuah keharusan atau wajib bagi umat manusia yang ingin tetap bisa hidup sehat, bebas tanpa gangguan ekonomi dan gangguan kesehatan. Ada beberapa upaya untuk menjaga lingkungan hidup untuk lestari, berikut ulasannya

Upaya pelestarian lingkungan hidup di lingkungan sekitar

Sebenarnya lebih baik mencegah dari pada mengobati tapi sayangnya saat ini kita sudah dalam kondisi bukan mencegah tapi mengobati lingkungan yang sudah rusak agar kembali lestari. Upaya itu harus di lakukan oleh dua sisi yaitu dari pemerintah dan dari kita sebagai masyarakat.

Ada beberapa usaha yang sudah dan sedang di jalankan oleh pemerintah Indonesia di antaranya

  • Pembangungan berkelanjutan, ini di terapkan untuk mereka yang memiliki usaha di dalam pengolahan kayu atau sumber daya alam lainya yang mana proses produksi dan proses pembangunan kembali bahan baku harus seimbang agar tidak terjadi ketimpangan pada sumber dalam alam tersebut. Misalnya penebangan pohon untuk kertas juga harus di barengi penanaman pohon kembali supayan tidak terjadi bencana seperti lonsor, banjir dll
  • Merilis aturan perlindungan lingkungan berupa UUD
  • Membentuk badan khusus yang di awasi oleh lembaga tertentu, sebagai contoh yang sudah bisa kita lihat ada polisi hutan yang menangani pembalakan liar serta penangkapan satwa liar yang di lindungi.

Selaku masyarakat kita juga harus memiliki upaya menjaga serta melestarikan lingkungan, di mulai dari hemat air, hemat listrik, menanam kembali pohon-pohon yang minimalis di sekitar rumah untuk meningkatkan kadar Oksigen dan daya serap air serta masih banyak lagi usaha yang bisa dilakukan dimulai dengan diri sendiri.

Intinya masyarakat dan pemerintah harus duduk bersama mendiskusikan dan mengerjakan upaya tersebut bersama-sama, tidak boleh hanya salah satu saja yang bergerak berupaya menjaga lingkungan hidup karena pasti gagal.

Others