Apa Saja yang Termasuk Kata Konjungsi Temporal

Apa Saja yang Termasuk Kata Konjungsi Temporal

Kata konjungsi temporal merupakan kata yang akan menjelaskan hubungan waktu antara dua hal ataupun sebuah peristiwa. Bisa dikatakan konjungsi temporal ini juga menjadi salah satu jenis kata hubung.

Sedangkan menurut KBBI, konjungsi ini merupakan kata ataupun sebuah ungkapan dari penghubung antarkata, antarkalimat, antar frasa dan juga antar klausa. Penggunaan konjungsi ini memiliki fungsi akar susunan dari kata memiliki keterkaitan.

Pengertian Dan Cara Buat Kata Konjungsi Temporal

Karena merupakan salah satu dari jenis kata hubung, konjungsi temporal ini akan menjelaskan hubungan yang tidak sederajat. Konjungsi kata sebelumnya dan sesudahnya akan menghubungkan dua bagian kalimat yang sederajat. Contoh kalimat konjungsi temporal ialah “kita semua sudah sampai di rumah sebelum matahari tenggelam. “

Konjungsi temporal biasanya juga masuk kedalam kategori teks prosedur yang akan berisi tentang langkah-langkah ataupun tahapan dalam membuat suatu hal. Entah itu melakukan suatu kegiatan ataupun membuat sesuatu yang harus disajikan secara berurutan.

Dalam konteks ini, konjungsi temporal juga bisa dimaknai menjadi kata hubung yang mengacu pada urutan waktu. Kemudian sekaligus juga menjadi kohesi teks seperti urutan pertama, urutan kedua ketiga dan seterusnya.

Makna Menurut Ahli

Sedangkan menurut Ida widaningsih di dalam buku strategi dan inovasi pembelajaran bahasa Indonesia. Menjelaskan jika konjungsi temporal merupakan kata penghubung yang menjadi lanjutan urutan langkah demi langkah.

Konjungsi temporal ini dapat dipakai dalam kaidah teks prosedural, misalnya saja mengenai cara menghidupkan gawai, cara membersihkan karpet, menghidupkan laptop dan masih banyak hal lainnya.

Sedangkan menurut Minarni triastuti di dalam bukunya, menjelaskan tentang pemakaian konjungsi temporal. Misalnya saja menggunakan kata kemudian, sejak, akhirnya, awalnya akan masuk ke dalam ciri khas aspek kebahasaan teks berita.

Fungsi dari keterangan waktu, kalimat langsung serta penggunaan bahasa Indonesia yang baku aku akan membuat berita yang disampaikan tidak memberikan makna ambigu ataupun bermakna ganda. Kemudian untuk narasi sejarah ataupun cerita sejarah akan sering memakai konjungsi temporal seperti ini.

Dikarenakan kata konjungsi temporal akan memberikan keterangan mengenai hubungan yang berasal dari dua hal peristiwa berbeda. Sederhananya ini diidentifikasi temporal ini merupakan upaya untuk memisahkan teks sejarah yang berdasarkan dari waktu.

Demikian itulah penjelasan mengenai kata konjungsi temporal yang perlu dipahami. Semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu Anda agar tidak kebingungan jika harus menggunakan konjungsi temporal pada suatu pekerjaan.

Others