6 Alasan Berkunjung ke Desa Wisata Gamplong

6 Alasan Berkunjung ke Desa Wisata Gamplong

Desa wisata Gamplong punya berbagai keunggulan yang jadi alasan untuk mengunjunginya. Apa saja? Simak selengkapnya di sini.

Ketika berkunjung ke Yogyakarta, jangan lupa untuk memasukkan desa wisata Gamplong menjadi destinasi tujuan. Apalagi, kamu orangnya suka dengan tempat cantik dan instagramable. Kalau kamu tahu film Bumi Manusia, Desa Gamplong menjadi salah satu tempat pengambilan gambarnya.

6 Alasan Berkunjung ke Desa Wisata Gamplong

Selain punya latar yang indah dan cocok dikunjungi kapan saja, ternyata ada alasan lain yang harus diketahui. Dengan begitu, kamu bisa beraktivitas lebih maksimal dan menjelajahi wilayahnya dengan senang. Setidaknya, kamu bakal tahu dengan adanya 5 alasan berikut ini:

  • Tiket terjangkau

Kalau kamu punya budget liburan yang terbatas tapi ingin memanfaatkannya dengan baik, pastikan kamu berkunjung ke sini, ya. Pasalnya, Desa Gamplong memberikan akses hanya dengan harga tiket yang hemat dan terjangkau.

Pembayaran tiket masuk ternyata diutamakan untuk uang kebersihan tempat wisata tersebut. Meskipun begitu, kamu tetap nggak boleh buang sampah sembarangan, ya. Jika masih nekad buang sampah sembarangan, kamu bisa dikenai denda.

Wisatawan yang mau masuk ke set shooting Bumi Manusia, nggak ada batasan harga yang ditetapkan. Nominalnya bisa disesuaikan dengan pengunjung.

  • Termasuk wilayah kerajinan tenun

Sejak 1950, Gamplong menjadi salah satu pusat kerajinan tenun. Artinya, kamu bisa menikmati seni tenun yang usianya sudah lebih dari 70 tahun. Ternyata, keterampilan ini diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya, lho.

Bahkan, kamu bisa berbelanja berbagai produk jadi yang sudah dihasilkan penduduk setempat. Ada sekitar 15 toko yang menyediakan oleh-oleh kain tenun untuk keluarga maupun teman-teman setelah pulang dari Gamplong.

Nggak cuma pilih-pilih dan membeli kain tenun, kamu bisa melihat proses pembuatannya secara langsung. Beberapa hasil tenunan dapat berupa stagen sampai lurik yang mendapatkan pembuatan dari alat tenun, bukan mesin modern.

  • Lokasi instagramable

Terdapat banyak spot cantik dan menarik yang bisa kamu temukan di Desa Gamplong. Sebagai wisatawan, kamu bisa berhenti untuk menikmati satu tempat sebelum beranjak ke lokasi lainnya. Rumah dan jalanan bisa membuat kamu betah untuk berlama-lama di tempat wisata yang ada.

Wilayah Gamplong di Sleman ini memang hasil setting yang dibangun untuk film Bumi Manusia. Jadi, nggak heran kalau kamu bakal menemukan banyak bangunan bergaya arsitektur Eropa karena latar waktu yang dipakai juga sekitaran masa kolonial Belanda.

Beberapa yang wajib kamu kunjungi untuk bersantai maupun berfoto adalah pertokoan Radjin, motel, sampai Mirama Café.

  • Suasananya asri dan menenangkan

Ingin berlibur dan jauh dari lokasi-lokasi yang ramai? Desa Gamplong adalah jawabannya. Dari pusat Kota Yogyakarta, kamu akan menuju ke destinasi yang jaraknya 16 kilometer dari titik nol. Masuk ke situs alamnya, kamu memperoleh kenikmatan yang tidak penuh dengan kendaraan yang bising.

Kamu bakal disambut dengan kehidupan desa yang sejuk, asri, dan tenang. Dengan daya tarik tersebut, sungguh memikat buat dikunjungi untuk liburan di sana. Setiap tempat bisa kamu kunjungi di pagi dan sore hari supaya nggak kepanasan kalau datang di siang hari.

Udara yang bersih sekaligus sejuk bikin kamu betah sewaktu menghabiskan waktu liburan selama beberapa waktu ke depan.

  • Berlibur sekaligus dapat edukasi

Sebuah desa wisata memang nggak hanya memberikan aktivitas dan kegiatan tertentu saja. Desa tersebut juga menyimpan edukasi yang berguna untuk menambah wawasan kamu, salah satunya Desa Gamplong. Nilai edukasi memang perlu kamu pertimbangkan sewaktu memilih destinasi liburan.

Lewat set yang sudah dibangun, kamu bisa belajar banyak hal mengenai kehidupan penduduk setempat di Nusantara pada tahun 1600. Selain itu, masih ada museum yang menarik untuk mengulik Bumi Manusia. Izin masuknya dibatasi sebanyak 10 orang dalam 30 menit.

  • Dekat dengan tempat wisata lainnya

Desa Gamplong dekat dengan wisata yang diperuntukkan aktivitas alam yang menyenangkan. Kamu wajib banget untuk berkunjung ke Goa Payaman, Praon Cawan, Baru Tumpuk Kedung Watu Brongkol, serta Polaman River Tubing.

Mulai dari pukul 07.00 sampai 17.00, jelajahi tempat-tempat tersebut sampai puas. Jangan lupa untuk sesuaikan dengan jam operasional masing-masing pusat kegiatan alam yang tersedia.

Alasan-alasan di atas nggak bisa dipungkiri untuk memasukkan desa wisata Gamplong sebagai tempat tujuan untuk liburan. Selain itu desa wisata gamplong juga masuk kedalam destinasi super prioritas dari https://www.kemenparekraf.go.id/. Jangan lupa siapkan kebutuhan yang kamu perlukan selama berada di Gamplong. Lakukan eksplorasi sampai puas, ya!

Wisata