5 Motif Kain Batik Nusantara yang Terkenal di Indonesia

5 Motif Kain Batik Nusantara yang Terkenal di Indonesia

Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya dengan kultur dan budaya. Salah satu budaya yang dapat ditemukan di Indonesia adalah kain batik. Bahkan, sebagian besar berpendapat bahwa batik Nusantara adalah salah satu hal yang mencerminkan Indonesia.

Alasannya karena keanekaragaman batik yang ada di Indonesia dan sudah diakui oleh seluruh daerah Indonesia Berikut ini sudah ada beberapa motif batik Nusantara yang indah

1.Batik Nusantara Motif Mega Mendung

Mega Mendung merupakan salah satu jenis motif batik yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Beberapa orang beranggapan bahwa batik adalah salah satu ciri khas suku Jawa.

Namun, batik Nusantara ini berasal dari Cirebon, yang mayoritasnya adalah suku Sunda. Sama seperti namanya, motif batik ini menjelaskan situasi langit yang sedang mendung.

Selain itu, terdapat motif awan dengan perpaduan gradasi warna yang merupakan ciri dari motif batik ini. Beberapa orang percaya bahwa gradasi dapat mencapai tujuh warna dan memiliki penggambaran jumlah langit yang mencapai tujuh tingkatan.

  1. Batik Nusantara Motif Tujuh Rupa

Pekalongan dikenal sebagai sebuah kota pengrajin batik yang ada di Indonesia. Motif Tujuh Rupa ini menjadi salah satu ciri khasnya.

Nama batik Nusantara ini berasal dari jumlah tumbuhan dan hewan yang biasanya ada tujuh buah pada satu lembar kain batik.

Tumbuhan dan hewan merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan dari motif batik khas Pekalongan. Hal ini karena adanya perpaduan antara tumbuhan dan hewan. Dimana dianggap sebagai perpaduan antara budaya masyarakat lokal dengan para pendatang yang ada di wilayah pantai utara.

  1. Batik Nusantara Motif Parang Kusumo

Parang Kusumo ini sudah tidak asing lagi. Hal ini karena motif tersebut dapat dikatakan sebagai salah satu motif batik yang ditemukan di daerah Jawa Tengah.

Motif dari batik Nusantara ini tidak ada habisnya karena berasal dari penggambaran hidup manusia yang ada di dunia.

Motif Parang Kusumo hampir sama dengan deburan ombak yang ada di lautan, bahkan menghantam karang. Filosofi ini sangat sering diterapkan oleh masyarakat yang ada di daerah Jawa Tengah. Jika dilihat dari hidup, setiap manusia harus bisa berjuang tanpa henti sampai akhirnya Sang Pencipta memanggil.

  1. Batik Nusantara Motif Sidomukti

Batik Sidomukti merupakan salah satu jenis batik yang terkenal, tidak hanya di daerah Jawa Tengah, melainkan DIY Yogyakarta. Bahkan, beberapa orang mengatakan batik Nusantara adalah cerminan masyarakat kelas menengah yang bisa di bawah karena motifnya tergolong aneh.

Demikianlah informasi mengenai beberapa kain batik yang harus Anda ketahui. Semoga informasi ini bisa membantu Anda untuk mendapatkan kain batik berkualitas.

Lifestyle