5 Manfaat Mendorong Anak Punya Sikap Percaya Diri

5 Manfaat Mendorong Anak Punya Sikap Percaya Diri

Ada banyak hal yang bisa mempengaruhi tingkat kepercayaan diri seseorang baik orang dewasa atau anak-anak, misalnya kelas ekonomi, pengaruh lingkungan, kondisi keluarga, kemampuan fisik, dan lain-lain. Anda wajib tahu cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak sejak usia dini, ya! Pasalnya, kasus anak-anak yang mengalami perundungan karena kurang rasa percaya diri dan minim keberanian speak up.

Manfaat anak memiliki rasa percaya diri tinggi

Cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak bisa Anda terapkan sesuai dengan perkembangan usia si kecil, lho! Peran orangtua sangat dibutuhkan dalam menjaga lingkungan kondusif agar anak merasa diterima dan bisa melakukan aktivitas positif tanpa beban. Orangtua yang bisa mendukung dan memberikan dorongan agar anak punya rasa percaya diri tinggi akan memberikan manfaat besar bagi psikis anak.

Berikut manfaat anak memiliki rasa percaya diri tinggi dalam kehidupan mereka yaitu :

1. Menghilangkan rasa takut

Manfaat rasa percaya diri pada anak bisa menghilangkan rasa takut yang berlebihan. Anak akan berani melakukan sesuatu tanpa harus cemas dengan risiko kegiatan tersebut. Tentu dukungan orangtua akan membantu anak berani mencoba dan tidak takut pada tantangan baru.

2. Menekan risiko anak alami perundungan

Bergaul dengan teman sebaya di lingkungan rumah atau sekolah bisa mendukung kemampuan sosialisasi si kecil. Namun, ada banyak kasus perundungan yang dilakukan temannya atau kakak tingkat di sekolah sehingga anak mengalami minder. Berkat percaya diri yang tinggi, risiko perundungan pada anak bisa ditekan sebaik mungkin.

3. Memberikan kesempatan anak menjadi pribadi yang berani

Keberanian harus dipupuk sejak anak masih belia sehingga ia berani mengambil risiko dan inisiatif saat mengalami masalah. Berani mencoba jauh lebih baik sebab anak akan belajar dari pengalaman yang telah lalu. Sikap yang akan tumbuh menjadi karakter buah hati hingga ia besar kelak.

4. Anak memiliki sikap pantang menyerah

Pantang menyerah sebelum berhasil melakukan sesuatu bisa membuat anak memiliki kepribadian yang tidak mudah putus asa. Saat mengalami kegagalan pun, ia akan terus belajar dan mencoba sampai berhasil yang akan bermanfaat untuk kehidupan dewasa nanti.

5. Terbebas dari stress dan tekanan

Stress dan tekanan bisa dirasakan anak dari lingkungan keluarga, teman atau sekolah. Dengan memiliki motivasi dan percaya diri tinggi, anak bisa mengatur dirinya sendiri sehingga terhindar dari risiko stress. Anak yang bisa mengelola stress dengan baik akan terlihat dari fisik dan psikis yang baik. Saat bermain dengan teman pun, ia bisa mengalami stress sehingga perlu sikap kontrol diri yang bisa diterapkan sejak dini.

Beberapa manfaat penting memiliki rasa percaya diri di atas akan mendukung anak tumbuh dan berkembang secara optimal. Pertumbuhan yang baik akan mendukung prestasi mereka baik sisi akademik atau non akademik, ya! Sudah sepatutnya orangtua menerapkan cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak sesuai dengan karakter mereka masing-masing mulai sekarang.

Parenting